Kamis, 17 November 2016

Hantu Sumiati


Hasil gambar untuk sumiati 

(Source : cerita Misteri)
Ada sebuah kisah dan legenda hantu wanita yang cukup populer dari kota Makassar, dan selama bertahun tahun Urban Legend ini tetap menjadi kisah yang cukup menyeramkan di Makassar, kisah ini dikenal dengan nama Hantu Sumiati.

Pada periode sekitar tahun 1990-an, saat kota Makassar masih bernama Ujung pandang, beredar kabar tentang hantu wanita yang bernama Sumiati, hantu ini menghantui hampir di seluruh penjuru kota Makassar. Saat itu orang-orang kerap kali menceritakan tentang penampakan demi penampakan dari hantu perempuan ini.

Menurut versi dari beberapa cerita yang beredar, bahwa hantu Sumiati muncul pertama kali pada sebuah daerah bernama Karaenta. Konon saat itu ada seorang pelajar siswi yang tengah kerasukan oleh makhluk halus. Di tengah-tengah kesurupannya tersebut, siswi itu menunjuk kepada sebuah tempat.
Mengikuti keinginan dari sang makhluk halus yang menguasai diri siswi ini, orang-orang yang saat itu menyaksikan kejadian tersebut kemudian dibawa pada sebuah hutan lindung di daerah Karaenta. Di dalam hutan tersebut tumbuh sebuah pohon beringin tua yang sangat besar. Dan Sejak saat itu hantu Sumiati kerap kali menampakkan dirinya di bawah pohon tersebut.
Kisah penampakan hantu Sumiati yang cukup terkenal adalah saat adanya penampakan hantu wanita di daerah Fort Rotterdam, dan juga penampakan hantu wanita di daerah pantai Losari dan juga di Rumah Sakit Pelamonia yang konon jasad Sumiati pernah dimandikan sesaat sebelum di kuburkan.
Tidak hanya itu saja, hantu Sumiati kerap muncul di beberapa tempat lainnya di Makassar. Beberapa orang mengaku pernah melihat penampakan hantu Sumiati di sebuah taman kota yang berada di pusat kota Makassar. Taman itu biasa orang menyebutnya dengan nama taman macan atau taman segitiga karena memang bentuk taman ini segitiga serta memiliki patung harimau yang cukup besar di taman tersebut.
Beredar kabar dan cerita bahwa hantu Sumiati sebenarnya tidak berbahaya saat dia menampakkan dirinya dengan pakaian yang serba putih. Konon hal tersebut dilakukannya hanya untuk memberitahu tentang keberadaannya di tengah-tengah kita.
Namun disamping itu hantu Sumiati bisa sangat berbahaya saat dia berubah mengenakan pakaian yang serba merah. Konon saat Sumiati dalam wujud seperti itu menandakan bahwa akan ada korban yang sedang diincarnya.
Mitos lainnya ada yang mengatakan bahwa sesunggunnya Sumiati hanya akan menampakkan dirinya atau meneror orang-orang yang mempunyai profesi sebagai tukang becak dan juga sopir antar kota. Mitos ini sangat erat kaitannya dengan kisah hidupnya yang kelam, sehingga Hantu Sumiati dendam pada orang-orang semacam itu. Walau demikian kebenarannya tidak pernah terungkap.
Kisah tentang hantu Sumiati berawal dari cerita yang mengatakan bahwa ada seorang gadis desa yang bernama Sumiati, kemudian sang gadis ingin merubah nasib hidupnya dengan pergi dan tinggal di kota Makassar.
Namun nasib berkata lain, saat Sumiati baru menginjakan dan memulai kehidupannya di kota Makassar, saat dia sedang berjalan sendirian di malam hari, ada sekelompok pemuda yang saat itu berpapasan dengan dia, dan para pemuda tersebut kemudian menyekap dan kemudian memperkosa Sumiati.
Setelah diperkosa seorang pelaku yang diketahui merupakan sopir antar kota, kemudian menyeret Sumiati naik ke atas mobilnya. Ditemani oleh beberapa kawan-kawannya, Sumiati kemudian dibawa ke sebuah tempat untuk dibuang.
Dalam perjalanan diketahu bahwa pemuda-pemuda tersebut berprofesi sebagai tukang becak dan juga sopir angkutan kota yang ada di Makassar. Saat Sumiati mencoba melawan dalam sekapan mereka, salah seorang dari kawanan tersebut secara tidak sengaja membunuh gadis itu.
Panik dengan hal tersebut kemudian kawanan tersebut merencanakan untuk membuang mayat Sumiati. Setelah berputar-putar ke berbagai penjuru tempat, kemudian para pemuda tersebut tiba di sebuah lokasi yang terpencil, dan selanjutnya mayat Sumiati di kubur di tempat tersebut.
Konon Karena kematiannya yang cukup tragis, arwah Sumiati kembali dan menjadi hantu gentayangan yang menakutkan, konon hantu Sumiati mencari orang-orang yang telah berbuat keji kepadanya, dan khusunya kepada orang orang yang berprofesi sebagai tukang becak dan juga supir angkutan kota.
Kisah Hantu Sumiati yang cukup melegenda ini sempat di angkat ke dalam film layar lebar yang berjudul "Sumiati", film dengan genre horor ini sempat di putar di 20 kota termasuk di Makassar pada November tahun 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar