Jumat, 06 Januari 2017

Ubur - Ubur Irukandji

Hasil gambar untuk Irukandji
 source : RRIM

Ubur-ubur Irukandji adalah ubur-ubur terkecil di dunia , ukuran ubur-ubur Irukandji adalah lebar 5-10 mm; panjang 1-100 cm atau sebesar jempol manusia dewasa. Ubur-ubur ini tersebar di wilayah tropis namun ubur-ubur ini sering ditemukan di Australia. Ubur-ubur ini sering dijumpai di Australia tepat nya di tempat yang sangat indah untuk bersnorkling yaitu di The Great Barrier Reef.

Ubur-ubur ini sangat kecil jadi kita tidak bisa melihat jelas , jika memakai senter maka akan terlihat. Ubur-ubur ini memiliki sengatan yang melebihi dari bisa ular kobra dan gigi ikan hiu.


Apabila kita terkena sengatan nya maka cara kita mencegah agar tidak disengat lagi adalah dengan cara menyiran tempat yang tersengat dengan air cuka. Rasa sakit akan sangat luar biasa setelah 20 menit kita tersengat oleh ubur-ubur Irukandji. 

Racun Irukandji akan menyebar melewati sebuat sungut yang telah disengat. Sungut tersebut akan langsung menusuk kedalam kulit sampai di dalam tubuh dan lalu mengeluarkan racun yang sangat berbahaya. Apabila hal itu terjadi tekanan darah adalah penentu kehidupan kita apabila darah kita tidak mampu menahan racun tersebut kita akan meninggal dunia. Rasa sakit yang luar biasa paling sebentar selama 2 minggu dan obat bius morfin berdosis tinggi pun tidak dapat menghilangkan rasa sakit tersebut.

Ubur-ubur Irukandji akan selalu berada di daerah teritorial nya mereka tidak akan pergi jauh jauh dari area teritorial nya. Seekor ubur-ubur Irukandji pada siang hari sampai sore hari akan menempuh perjalan sejauh 16 km namun ia tidak berjalan lurus , dia berjalan seperti spiral. Oleh karena itu apabila kita ingin bersnorkling di The Great Barrier Reef usahakan kita memakai baju anti sengat ubur-ubur dan jangan sampai ada celah yang langsung ke kulit , apabila terjadi akan fatal akibatnya.

dia hanya memangsa ikan kecil, tapi kenapa ia memiliki senjata yang mampu membunuh manusia dewasa dalam hitungan menit?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar